Breaking

LightBlog

Tuesday, August 1, 2017

Man City Masih Akan Lakukan Pemusatan Latihan di Spanyol Usai Laga Pertama Liga Primer

Man-city.id - Manchester City dipastikan memulai perjuangannya di Liga Primer Inggris 2017/2018 pada 12 Agustus mendatang. Skuat asuhan Pep Guardiola itu akan menantang Brighton and Hove Albion di Falmer Stadium. Namun sebelum menghadapi Everton pada pekan berikutnya, City akan menghadapi kesebelasan La Liga, Girona. Kok bisa?

Ternyata beberapa jam usai laga melawan Brighton, City diagendakan masih akan melakukan pemusatan latihan di Spanyol, tepatnya di Catalonia. City sendiri rencananya akan menjalani pemusatan latihan selama empat hari sebelum kembali ke Inggris dan melakukan persiapan jelang pekan kedua menghadapi Everton. 
Mungkin agak terdengar aneh, karena rata-rata kesebelasan jarang melakukan pemusatan latihan saat kompetisi sudah dimulai. Kalau pun ada, mungkin tidak akan jauh-jauh dari negara atau kota asal mereka. Tapi bagi City, hal itu dilakukan untuk memantapkan skuatnya, merasa ajang International Champions Cup belum cukup untuk mematangkan skuat. 
City sendiri memang punya jarak waktu yang cukup lama antara pertandingan pertama Liga Primer ke pertandingan kedua, yaitu 10 hari. Karenanya dengan jeda yang cukup lama ini para pemain City diprediksi tidak akan terlalu mengalami kelelahan dalam menghadapi pemusatan latihan dan pertandingan liga.
Direktur Sepakbola City, Txiki Begiristain, mengungkapkan bahwa alasan City menggelar pemusatan latihan di awal kompetisi adalah sebagai salah satu cara untuk memberikan kesempatan bagi Guardiola mematangkan tim dengan skuat lengkap. Sebab, pada masa pra musim beberapa pemain termasuk pemain anyar mereka, Bernardo Silva, melewatkan masa pra musim bersama City.
Pemain yang baru didatangkan dari AS Monaco di bursa transfer musim panas itu cedera pergelangan kaki yang didapatkannya saat memperkuat timnas Portugal di ajang Piala Konfederasi. Hal itulah yang menyebabkan Bernardo melewatkan beberapa pertandingan pra musim city di Amerika Serikat melawan Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.
Txiki mengungkapkan bahwa dibutuhkan sinergi antara pemain baru dan lama di skuat City kekompakan antar pemain terjalin padu di musim 2017/2018. Hal ini cukup wajar lantaran pada bursa transfer musim panas ini City banyak mendatangkan pemain anyar, yang dominan berkarakter bertahan seperti Benjamin Mendy, Kyle Walker, Danilo, hingga penjaga gawang Ederson Moraes.
"Perjalanan ini merupakan kesempatan besar bagi Pep untuk bekerja secara intensif dengan skuat lengkap dalam sebuah pemusatan latihan. Kami memiliki beberapa pemain yang telah menjalani pertandingan internasional musim panas ini, yang berarti membuat Pep belum memiliki kesempatan untuk bekerja bersama seluruh pemainnya," katanya seperti dikutip dari halaman resmi klub.
Mempererat Hubungan Baik dengan Girona
Dalam prosesnya, Raheem Sterling dan kawan-kawan tidak hanya mendapatkan stimulasi taktik dan strategi bermain saja dari Pep. Namun akan ada praktik dari apa yang telah diinstruksikan melalui pertandingan uji tanding. Salah satu partai yang akan dilakoni adalah pertandingan persahabatan melawan Girona pada 15 Agustus mendatang di Girona`s Estadi Montilivi pada 15 Agustus mendatang.
Mungkin masih banyak yang asing dengan nama Girona, maklum mereka memang bukan klub langganan La Liga. Tapi pada musim 2017/2018 ini mereka akan memainkan debutnya di kompetisi level tertinggi Spanyol itu. Tentu bagi kedua kesebelasan ini merupakan kesempatan yang cukup baik, terutama bagi Girona yang pada perjalanannya di kompetisi pasti akan berhadapan dengan lawan tangguh seperti Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, atau bahkan Valencia.
Txiki mengungkapkan bahwa pertandingan tersebut akan menjadi tontonan menarik, karena setelah menyelesaikan pemusatan latihan di Inggris, Girona dipercaya sebagai lawan yang pas bagi City yang ingin menguji kekompakan skuatnya di musim baru.
"Pertandingan itu sendiri menjanjikan tontonan yang menarik, karena Girona baru saja menyelesaikan persiapan mereka sendiri untuk kampanye debut mereka di La Liga," tukas Txiki.
Satu hal lain yang perlu diketahui, ditunjuknya Girona sebagai oposisi City dalam laga persahabatan tersebut pun tak terlepas dari hubungan baik kedua kesebelasan dalam beberapa tahun terakhir. Girona kerap kali menggunakan jasa pemain muda City yang sengaja dipinjamkan untuk menambah jam terbang.
Beberapa pemain seperti Pablo Maffeo, Angelino, dan Pablo Mari merupakan pemain muda City yang pada musim 2016/2017 dipinjamkan ke Girona. Bahkan City memperpanjang masa pinjaman Maffeo di Girona pada musim 2017/2018. Kesepakatan tersebut terjalin pada Senin (31/7) kemarin.
Selain itu, hubungan baik antara City dan klub asal Catalan itu pun tercermin dari diizinkannya para pemain Girona untuk menggunakan fasilitas di City Football Academy dalam masa pemusatan mereka sebelum bertarung di La Liga musim depan.
LightBlog