Breaking

LightBlog

Friday, December 23, 2016

Ilkay Gundogan: Tak Ada Pelatih Seperti Pep Guardiola

Ilkay Gundogan menaruh kekaguman pada Pep Guardiola, dengan sang manajer Manchester City disebutnya tak tertandingi terutama soal persiapan taktik.

The Citizens sukses melakukan comeback saat menaklukkan Arsenal 2-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, menjaga peluang untuk meraih gelar juara musim ini tetap terbuka lebar.

Gundogan sendiri tengah mengalami cedera ligamen yang harus membuatnya absen saat City menghadapi Liverpool di Anfield sekaligus menutup kans berjumpa dengan mantan pelatihnya di Borussia Dortmund, Jurgen Klopp.

Sang gelandang internasional Jerman meyakini Guardiola maupun Klopp merupakan yang terbaik, namun ada perbedaan khusus di antara keduanya.

"Keduanya merupakan pelatih kelas dunia dengan kualitas masing-masing. Keduanya juga sama penuh gairah, meski dalam cara yang berbeda," ungkap Gundogan pada Sport Bild.

"Pep selalu berpikir tentang situasi yang berbeda dan selalu punya solusi menghadapi apa pun. Tidak ada sosok pelatih sepertinya."

"Pep juga punya kharisma yang besar. Setiap orang yang mengenalnya akan melihat gaya sepakbola yang dominan dan ia sukses setiap waktu."

"Sementara Klopp punya spektrum yang besar sebagaimana dilakukannya. Ia bisa membuat orang-orang kagum, membuat mereka tertawa, jadi Anda bisa menyukainya secara cepat."
LightBlog